Jumat, 29 Oktober 2010

tips mengamankan password

Anda mungkin punya akun di sebuah jejaring sosial di internet atau mungkin mempunyai website. Tentu saja untuk masuk ke dalam akun atau website Anda akan di suruh memasukan password agar Anda bisa mengakses akun jejaring sosial di internet atau website Anda. Kali ini saya ingin menyajikan sebuah resep yang mungkin membantu Anda dalam memilih pasword agar tidak mudah di akses oleh para creakers atau pun hackers. Simak tulisan di bawah ini.

1. Jangan pernah membuat password dengan yang bersangkutan dengan diri Anda secara langsung. Kebanyakan orang membuat password yang berhubungan dengan dirinya secara langsung seperti, tanggal lahir, tanggal jadian, tanggal pernikahannya, atau nama istrinya, atau bahkan nama anaknya. Buatlah password yang tidak ada kaitannya dengan diri Anda langsung, seperti judul buku yang Anda senangi, cerita lucu, atau juga nama minuman asing.

2. Ubahlah password secara berkala, apalagi bila tiba-tiba Anda temukan sebuah pesan yang mencurigakan atau akun Anda telah berubah tanpa sepengetahuan Anda.

3. Sebelum Anda mulai masuk ke dalam akun jejaring sosial atau website, terlebih dahulu Anda periksa komputer yang Anda gunakan dahulu apakah ada keylogger atau tidak. Caranya, klik logo windows atau tulisan start. Pilih "control panel", dan klik "add or remove program". Di sana akan di tunjukan program-program yang terinstal dalam komputer yang Anda gunakan. Bila Ada program yang yang menurut Anda adalah spy atau key logger, segera "uninstal" program tersebut.

4. Gunakan password dengan kombinasi angka dan huruf seperti,'C0nnPut33r', 'h4rd1sk' atau 'c1nt4q11'. Hal ini bisa mencegah para creakers pemula.

5. Jangan pernah memberikan password Anda pada orang lain termasuk orang terdekat Anda. Karena pernah ada kejadian, seorang pembisnis di internet di bobol oleh istrinya sendiri.

6. Jangan menggunakan password dengan huruf yang berurutan atau pengulangan penulisan seperti, 'qwertyuiop', '123456', 'fjfjfjfjfj', atau '222222'.

7. Jangan pernah lupa dengan password Anda. Bila Anda lupa, percuma semua pengamanan di atas.

Demikian tips dari saya untuk mengamankan password agar tidak mudah terbaca dengan orang lain atau para pemula hacker. Semoga tulisan ini berguna untuk kita semua. Silahkan mencoba........

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar