Selasa, 31 Januari 2012

Cara Mengatasi RAM bermasalah

Di potingan yang lalu, saya telah ulas tentang Apa Itu RAM? Maka kali ini akan saya ulas tentang cara mengatasi RAM yang bermasalah. Biasanya masalah yang ditimbulkan adalah kegagalan POST yang dialami oleh komputer. Ada beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut, berikut ulasannya :

1. Lepas Kembali Penambahan RAM
Bila Anda baru saja melakukan penambahan RAM, cobalah untuk melepas RAM yang baru saja Anda tambahkan tersebut. Bila komputer kembali normal setelah Anda melepaskan RAM yang baru, maka bisa dipastikan RAM baru tersebut tidak kompatibel dengan komputer Anda atau RAM dalam keadaan cacat. Untuk memastikan RAM kompatibel dengan komputer Anda, pastikan jenis RAM sama, jumlah pin sama dengan slotnya, dan kecepatannya juga harus sama.
2. Lepas dan Pasang Kembali
Bila Anda tidak melakukan penambahan RAM, tetapi komputer mengalami kegagalan POST, penyebab utamanya biasanya dalah terletak pada pencatu daya. Kemungkinan power supply mengalami kerusakan akibat kondisi tegangan listrik dilingkungan Anda yang tidak stabil. Maka solusinya, lepas RAM dan pasang kembali, tetapi sebelumnya lepas dulu kabel listrik pada power supply supaya tidak terjadi kejutan listrik pada RAM.
3. Tukar Posisi RAM
Tukar posisi RAM pada slot lainnya bila jumlah RAM hanya ada satu keping, lalu coba nyalakan komputer. Tetapi bila RAM lebih dari satu, maka lepas semua, pasang satu keping pada slot bergantian. Bila masih error, gunakan RAM yang lain dan pasang bergantian pula pada slotnya. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan kedua RAM tidak identik atau sama persis.
4. Bersihkan Pin RAM
Bila cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah, coba bersihkan pin RAM dengan karet penghapus, sedang untuk membersihkan slot RAM bisa menggunakan kuas atau vacuum cleaner. Lebih dianjurkan untuk menggunakan vacuum cleaner.
5. Coba RAM Komputer Lain
Cobalah pasang RAM dari komputer lain yang berfungsi baik, hal ini dimaksudkan untuk memastikan slot komputer Anda masih dalam keadaan baik.
6. Ganti RAM dengan yang Baru
Bila beberapa langkah diatas tidak menyelesaikan masalah, dan slot RAM masih dalam keadaan baik, maka jalan terakhir adalah ganti RAM dengan yang baru.

Demikian postingan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Silahkan Anda tinggalkan komentar untuk postingan ini pada kotak komentar yang disediakan, dan berikan kritik dan saran pada blog ini pada chat box sebelah kanan postingan ini. Terima kasih atas kunjungan Anda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar