Jumat, 05 November 2010

apa itu link?

Link atau tepatnya hyperlink adalah sebuah tag html standar yang di gunakan untuk memuat tautan di dalam dokumen web atau ke dokuman lain dalam satu situs, atau bahkan ke situs lain. Secara kasar bisa diartikan sebagai alamat di mana kita bisa menyimpan file-file.

Kelebihan utama dari tag html (yang selanjutnya di sebut dengan link) adalah kemampuannya untuk memberikan tautan menuju ke dokuman lain dalam suatu web. Link uga sering di sebut dengan URL (Uniform Resource Locator). URL sendiri bila di artikan secara sederhana adalah pencari lokasi sumber file di simpan dan di buat secara berkelompok.

Ciri utama dari tag html (link) adalah tulisan berwarna biru yang di garis bawahi, dan jika pointer mouse diarahkan ke posisi tulisan tersebut maka pointer mouse akan berubah menadi simbol tangan yang menunjuk pada URL tersebut. Apabila di klik maka browser akan membuka sebuah halaman baru di mana link tersebut di simpan.

Dalam perkembangannya, bentuk link mengalami evolusi seiring dengan majunya teknologi animasi dan pengolahan gambar. Kini tampilannya tidak hanya berupa teks, namun juga berupa gambar, button, animasi video, dan lainnya. Hal tersebut menjadikan sebuah link tidak terlihat membosankan.

Dari sekian banyak tampilan baru link, link standard berupa text masih sangat familier dan mudah dikenali oleh mesin pencari dibanding link yang berbentuk gambar atau objek lain. Dari sisi teknis, kelebihan link standar mudah dikenali oleh pengunung sehingga memudahkan proses navigasidalam sebuah website. Begitu pula bagi mesin pencari lebih menerima link standar berupa teks dalam Mengindeks halaman suatu website.

Begitulah kira-kira pengertian link atau tepatnya hyperlink yang saya mengerti. semoga tulisan ini bisa berguna bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar