Kamis, 02 Agustus 2012

Mengenal Komputer

Kali ini Belajar Komputer akan share tentang jenis-jenis komputer. Apabila ada kekeliruan dalam penyajiannya, para pengunjung di harap untuk mau mengkoreksinya. Berikut ini adalah jenis-jenis komputer :

BERDASARKAN JENIS DATA YANG DIOLAH :
1. KOMPUTER ANALOG

 Komputer ini mengolah data yang bersifat gelombang atau bukan dalam bentuk angka, karena komputer ini hanya bisa mengolah data dari sinyal analog. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan sebuah keadaan seperti pengecekan suhu, mengukur kecepatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini biasanya digunakan untuk kegiatan ilmiah.
2. KOMPUTER DIGITAL
Komputer jenis ini adalah komputer yang sering kita jumpai untuk saat ini. Komputer ini berfungsi untuk mengolah data digital yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca, dan lain-lain.
3. KOMPUTER HYBRID
 Komputer Hybrid adalah komputer yang cara pengolahan datanya digabungkan antara komputer analog dan digital. Jadi komputer ini bisa menghasilkan data kuantitatif dari data kualitatif atau bahkan sebaliknya.
BERDASARKAN PROCESOR :
1. MICROCONTROLLER
Microcontroller adalah sebuah peralatan yang biasanya dimiliki oleh sebuah komputer namun peralatan itu di susun dalam sebuah chip. Peralatan yang berada di dalam microcontroller meliputi pemroses data, memory, dan input/output device. Biasanya microcontroller digunakan untuk mengatur nyala lampu lalu lintas.
2. MICROCOMPUTER/PERSONAL COMPUTER

Microcomputer atau lebih dikenal dengan komputer pribadi (personal computer/PC) atau  pun komputer desktop ini dirancang sedemikian rupa sehingga bisa berinteraksi/berhubungan dengan penggunanya. Komputer inilah yang saat ini sering digunakan secara umum.

3. ENGGINNERING WORKSTATION
 Adalah komputer yang memiliki kemampuan yang lebih besar dari pada microcomputer karena komputer ini memiliki processor yang powerfull dan biasanya digunakan oleh ahli teknik untuk melakukan penghitungan dan penyelesaian pekerjaannya.
4. MAINFRAME
 Mainframe pada dasarnya adalah gabungan dari beberapa microcomputer sehingga dia bisa digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan. Biasanya mainframe ini dimiliki perusahaan-perusahaan besar karena selain kebutuhan aksesnya lebih cepat harganya juga sangat mahal.
5. MINICOMPUTER
Sedangkan untuk minicomputer merupakan teknologi komputasi yang lebih kecil dari pada mainframe tetapi tetap lebih besar daripada microcomputer. Ditambah juga harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan mainframe.

KOMPUTER BERDASARKAN BENTUKNYA
1. TOWER

Tower memiliki ukuran yang cukup besar karena komputer jenis ini memiliki banyak ruang untuk dipasang card tambahan sehingga bisa diberikan beberapa perangkat tambahan untuk memaksimalkan kinerja komputer.








2. DESKTOP
Komputer ini memiliki bentuk fisik antara layar, keybord, dan peripheral yang terpisah atau komputer yang sering kita jumpai saat ini dan tentu saja ukurannya banyak memakan tempat. Komputer ini biasa disebut dengan komputer pribadi (Personal Computer/PC)
3. PORTABLE
Komputer ini memiliki bentuk yang relatif kecil dengan kemampuan yang tak kalah dengan komputer Desktop. Sehingga peminat komputer ini lebih besar dari kalangan yang memiliki mobilitas tinggi. Ada beberapa macam jenis dari komputer portable ini, antara lain, laptop, notebook, dan handheld computer. Selain itu komputer ini tidak memerlukan tegangan listrik yang tinggi cukup dengan batrei yang bisa di isi ulang komputer ini bisa dijalankan.


Demikian posting dari Belajar Komputer semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar Anda dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar