Senin, 23 Juli 2012

Cara Membangun Webhost di 000webhost.com

Pada postingan yang lalu Belajar Komputer telah share Apa Itu Web Hosting? Kini saatnya bagi Belajar Komputer untuk melanjutkan tutorial tentang webhosting, yaitu cara membangun sebuah website di proveider webhost.

Di sini saya akan mengulas cara membangun website di provider 000webhost.com. Mengapa harus di 000webhost.com? jawabannya adalah provider ini adalah free hosting, alias hosting gratis yang memiliki fitur yang tak kalah menarik dengan yang berbayar.

Web hosting

Baiklah bila Anda sudah berminat untuk membangun web site di 000webhost.com ikuti langkah berikut ini :
  1. Silahkan Anda mendaftar (sign up) di 000webhost.com 
  2.    Web hosting
  3. Setelah itu silahkan Anda mengisi form yang diberikan seperti di bawah ini dan klik 'Create My Account'. Bila Anda ingin menggunakan fitur free dengan maksimal, saya sarankan untuk menggunakan sub-domain yang diberikan oleh 000webhost.com

  4. Setelah berhasil, silahkan Anda lihat inbox email yang Anda buat untuk mendaftar di 000webhost.com untuk menverifikasi akun Anda.
  5. Setelah Anda verifikasi, Anda akan di bawa ke tab 'List of Your Domain'
  6. Tunggu beberapa saat (paling lama adalah 2 hari jam kerja) hingga status domain Anda menjadi 'Active'.
  7. Setelah akun Anda di actifkan, silahkan menuju ke Cpanel untuk memulai membangun web site Anda. 
  8. Bila Anda telah mengerti bahasa PHP script silahkan Anda masukan file PHP ke dalam 'File Manager'. Tapi apabila Anda orang awam dalam dunia hosting, silahkan pilih 'Website Builder'.
  9. Bila Anda memilih 'Website Builder' Anda akan di bawa ke sebuah tab baru untuk memilih templete yang akan Anda gunakan pada web site Anda. 
  10. Setelah Anda pilih dan instal, untuk memulai meng-edit web site Anda, silahkan Anda klik pada URL administrasi Anda. Biasanya setelah templete terinstal Anda akan diberitahukan untuk mengunjungi website Anda di alamat domain Anda, contoh http://www.domainAnda.nettau.com. Sedangkan untuk mengedit adalah di URL http://www.domainAnda.nettau.com/admin.
  11. Setelah proses editing selesai (jangan lupa untuk men-'save changed' setiap Anda mengedit menu ataupun sub menu web site Anda) silahkan Anda 'Publish' dan web site Anda telah jadi.
Bila Anda masih belum mengerti, setelah Anda mendaftarkan domain Anda, klik gambar 'Getting Started Information' dan ikuti setiap petunjuk yang diberikan. Demikian postingan Belajar komputer mengenai cara membangun webhosting di 000webhost.com. Silahkan tinggalkan komentar Anda dan terima kasih atas kunjungan Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar