Jumat, 08 Juni 2012

Apa Itu BIOS?

Bagi para pemula Belajar Komputer tentu BIOS adalah suatu hal yang sangat asing bagi kita, tapi bagi pakarnya, tentu saja hal itu hal biasa. Tapi ada baiknya kalau kita yang belum tahu Apa Itu BIOS? membaca tutorial berikut ini.
Basic Input/Output System atau BIOS adalah program pertama yang di proses oleh prosesor selama komputer menjalani start up. Hal ini dimaksudkan agar program dasar komputer seperti hard drive, CPU, port, dan peripheral berjalan dengan baik. Sistem operasi berada pada hard drive dan menyediakan user interface yang dapat dilihat pada screen setelah start up. Tapi BIOS jelas berbeda dengan sistem operasi komputer. 

BIOS bisa letaknya biasanya berada dekat dengan ROM atau chip memory flash yang berada di mother board. Hal ini dimaksudkan agar BIOS bisa bekerja dengan lebih cepat saat mengakses program dasar pada sistem komputer. Atau juga untuk melakukan booting pada komputer.

Sedangkan fungsi BIOS sendiri adalah memberikan perintah pertama kali untuk mengaktifkan komputer pada mikro prosesor. Perintah dari BIOS untuk mikro prosesor selama proses start up adalah Power On Self Test (POST) yang menguji status pengoperasian semua hard ware pada komputer, aktivasi chip BIOS lainnya di beberapa komponen komputer seperti SCSI dan kartu grafis, memeriksa dan mengelola peripheral komputer, lalu pengaturan clock, dan beberapa pengaturan lainnya.
Untuk melihat informasi BIOS tidak saya postingkan di sini, Anda bisa melihatnya di postingan selanjutnya.

Demikian postingan Belajar Komputer kali ini semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar Anda dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar