Selasa, 19 Oktober 2010

Tips Mengamankan Gmail

Anda mungkin sering menggunakan email di Gmail untuk melakukan pendaftaran di beberapa akun ang ada di internet. Bila akun yang Anda miliki (selain Gmail) tiba-tiba di hack oleh seseorang, maka Anda akan sesegera mungkin melaporkan hal itu kepada pengelola akun. Dan akhirnya dari pihak pengelola akan memberikan kode konfirmasi untuk membuka kembali akun yang di hack dengan mengirimkan pesan ke akn Gmail Anda. Tapi bagaimana bila akun Gmail Anda yang di hack? apalagi Anda sudah lupa jawaban dari pertanyaan pengamanan? Jalan keluar satu-satunya adalah, Anda membuat akun Gmail lagi.
Menurut seorang pakar internet di Inggris mengatakan,"Mencegah 1 kali dari cybercrime, itu akan lebih baik daripada mengobati dari hacker 1000 kali". Jadi di sini saya akan menjelaskan bagaimana agar akun Gmail Anda lebih Aman.
1. Hindari memberi tanda centang pada kolom "Tetap Masuk", walaupun itu komputer Anda pribadi. Karena tidak menutup kemungkinan untuk tetap di hack dengan komputer Anda sendiri.
2. Lebih baik menggunakan browse https, karena data yang di kirim akan di enskripsi lebih dahulu. Cara mengaktifkannya, login ke Gmail pilih "setting/setelan" lalu ke bawah dan pilih menu pilihan "browser connection/sambungan browser" dan beri tanda pada lingkaran "always use https/selalu gunakan https", kemudian simpan.
3. Periksa "last account activity" pada bagian bawah. Periksa "details" jika ingin mengetahui selengkapnya. Maka akan terbuka kotak baru yang menampilkan detail alamat IP lokasi Anda membuka alamat Gmail. Bila dirasa ada yang mencurigaakan di alamat IP, maka segera ganti password Anda untuk mencegah hack atas Gmail Anda. Disarankan untuk menggunakan password dari kombinasi angka dan hruf yang mudah di ingat.
4. Ubah password secara berkala, saya sarankan untuk menggunakan tanda-tanda seperti ini (!,@,#,$,%,^,&,*, dan lain-lain untuk mencegah bila ada keylogger di komputer sehingga keylogger tidak bisa membaca yang Anda ketikan.
5. Update informasi recovery akun Gmail, atau gunakan alamat tambahan lain untuk dikirimi kode konfirmasi apabila Anda lupa password.
6. Jangan lupa ntuk keluar/log out walaupun itu komputer pribadi Anda. Mencegah lebih baik mengobati.
7. Bersihkan juga data di browser. Untuk pengamanan ekstra, bersihkan juga cache, cookies, dan history.

Demikian adalah Tips mengamankan akun Gmail. Sekian dulu dari postingan ini, bila ada info ang lebih baik, saya akan segera meng-update. Kirimkan juga kritik dan saran Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar