Rabu, 04 Juli 2012

Apa Itu Web Hosting?

Pernah Belajar Komputer bertanya pada diri sendiri, Apa itu Web Hosting? dan setelah beberapa kali googling, akhirnya Belajar Komputer mulai mengerti Apa Itu Web Hosting? Oleh sebab itu Belajar Komputer ingin share kepada para pembaca yang masih belum mengerti.
Web Hosting adalah sebuah media informasi online yang aktif selama 24 jam sehari yang bisa di akses oleh komputer manapun yang terjangkau oleh internet. Dengan kata lain, web hosting adalah salah satu tempat dimana Anda bisa menyimpan berbagai data di sebuah server internet. Web Hosting bisa di gunakan sebagai media promosi sebuah perusahaan atau seseorang yang ingin menampilkan jasa atau pun produknya. Penyedia web hosting sudah mencapai ribuan yang ada di internet dengan menawarkan berbagai fasilitas. cntohnya seperti orgfree.com, 000webhost.com, idhost.com, dan masih banyak yang lainnya

Sedangkan Domain adalah nama tempat dimana Anda menyimpan data. Bisa digambarkan kalau web hosting adalah sebuah rumah, sedangkan domain adalah sebuah alamat rumah. Dua hal tersebutlah yang membangun sebuah web site. contoh domain adalah webanda.com dan lain sebagainya. Namun tidak semua penyelenggara web hosting memberikan domain secara gratis, mereka cenderung memberikan subdomain yang secara gratis, contoh webanda.subdomain.com.

Biasanya penyedia web host memberikan fasilitas penyimpanan data mulai dari script yang menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL, PHPMyAdmin (fungsi untuk mengedit script PHP), FTP Server (sebagai penyimpan data berbasis FTP), dan Mail Server (Alamat email sesuai nama domain).

Mengapa Anda harus memiliki web hosting? adalah sebuah pertanyaan sederhana yang sering kali muncul. Bila hanya sekedar mencari ketenaran atau untuk mengirimkan virus atau jebakan, lebih baik Anda urungkan untuk menyewa sebuah web hosting. Tapi bila Anda ingin mempromosikan sesuatu hal ini bisa sangat membantu promosi Anda, karena internet bisa di akses secara global.

Bagaimana cara membangun web hosting di salah satu penyedia web host? Pada postingan kali ini saya tidak menampilkannya karena cukup panjang, dan tentunya akan saya tampilkan di posting berikutnya secara gamblang.

Demikian postingan Belajar Komputer kali ini, semoga membantu. Silahkan tinggalkan komentar, dan terima kasih atas kunjungan Anda.


3 komentar:

  1. keren gan, jadi ngerti sekarang

    BalasHapus
  2. hosting murah berkualitas dimana ya??

    BalasHapus
  3. hosting murah berkualitas yang aku tahu di 000webhost.com dan orgfree.com.
    tapi provider indonesisia yang tak kalah menariknya adalah idhost.com.
    met mencoba Bos........

    BalasHapus