Jumat, 07 Oktober 2011

apa itu registry editor?

Bagi para programer tentu tidak asing dengan registry editor, tapi bagi orang awam seperti saya tentu tidak tahu tentang registry editor bahkan baru pertama kali ini baru mendengarnya. Tapi setelah saya baca beberapa sumber, akhirnya saya sedikit mengerti tentang Registry Editor sistem Windows.

Registry adalah pusat kontrol pada sistem Windows. Di sini terdapat info tentang software, hardware, dan konfigurasi sistem komputer yang sedang di gunakan. Oleh karena itu, untuk bisa memanipulasi atau hacking Windows bisa menggunakan Registry ini sebagai media. Untuk bisa menggunakan Registry Editor ini bisa Anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Pada menu Start Windows klik Run.
2. Pada jendela Run, ketikan perintah regedit. Seperti gambar di bawah ini.
3. Klik 'OK' dan akan di tampilkan jendela Registry Editor. Seperti gambar di bawah ini.


Secara umum, Registry Editor terbagi menjadi 2 unsur yaitu Hive dan Values Entry. Hive (cabang utama) merupakan folder pada Registry yang digunakan sistem operasi untuk menangani operasi tertentu. Value Entry adalah nilai yang dimasukan pada key Registry yang berguna mengatur konfigurasi dan behavior suatu aplikasi dan sistem operasi Windows.

Pada dasarnya hive pada Registry ada 5 hive, yaitu :
  • HKEY_CLASSES_ROOT biasanya digunakan untuk mengatur asosiasi file pada aplikasi tertentu yang terinstal pada sistem Windows.
  • HKEY_CURRENT_USER digunakan untuk menyimpan informasi dan konfigurasi dari user yang Logged On. Biasanya digunakan untuk mengatur kebijakan seputar Windows Explorer, Control Panel, dan kebijakan lainnya.
  • HKEY_LOCAL_MACHINE terdapat informasi dan konfigurasi hardware dan sofware yang terpasang pada sistem operasi Windows.
  • HKEY_USERS berisi daftar user yang terdaftar pada komputer bersistem Windows.
  • HKEY_CURRENT_CONFIG berisi informasi dan konfigurasi hardware yang terpasang pada komputer.
Sedangakan untuk Value Entry, ada 3 jenis value yang digunakan untuk mengisi dan mengubah nilai key pada suatu Registry, yaitu :
  • DWORD value atau REG_DWORD adalah data bernilai 4 bytes. Pada sistem operasi Windows yang biasanya terpakai adalah nilai 1(setuju/benar) dan 0 (tidak setuju/salah)
  • STRING value atau REG_SZ adalah jenis karakter string biasa, dapat dalam bentuk alfabet, angka, atau gabungan keduanya.
  • BINARY value atau REG_BINARY berupa bilangan 0 dan 1. Biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi seputar hardware yang terinstal pada komputer.

Demikianlah secara garis besar Apa itu Registry Editor? semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar